Menghitung biaya tagihan Listrik di rumah kita dengan 5 langkah mudah


Kadang kala, saat setelah mengganti sebuah perangkat elektronik lama di rumah, kita merasakan perubahan dari biaya listrik yang harus di bayarkan per bulannya. Entah perubahan kenaikan atau penurunan jumlah biaya yang harus di bayarkan, kondisi tersebut sering kali membuat penasaran dan menimbulkan pertanyaan, “Kok, bisa berubah yaa…?”

Buat pengguna listrik pascabayar, maka sudah wajib buat kamu untuk mengetahui cara menghitung tarif listrik yang benar dan rumus daya listrik (rumus watt). Cara menghitung biaya listrik pun gak bisa cuma dikira-kira lho, tapi memang ada rumusnya sendiri.

Waduh, kalau bicara rumus berarti ribet kah cara menghitung biaya listrik? Gak kok, gak ribet. Tapi untuk mempermudah dalam menghitung biaya listrik, bakal ada langkah-langkah yang harus kamu lakukan terlebih dulu.

Intinya dengan mengetahui cara menghitung tarif listrik atau biaya listrik dan rumus daya listrik (rumus watt) ini, kamu bakal lebih berhati-hati deh dalam urusan membeli perabotan rumah dan menghitung biaya listrik.

Hal ini juga bisa berguna untuk mencegah jebol pengeluaran karena tarif listrik naik. Lebih baik lagi, sisihkan dana untuk membeli asuransi rumah, jadi jika ada apa-apa dengan rumah kamu, kamu nggak bakal perlu keluar uang banyak.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk ikuti langkah-langkah ini sebelum kamu menghitung biaya listrik mu. Berikut ulasannya.

Daftar Isi
1. Ketahui dulu golongan tarif listrikmu
2. Cek perabotan rumah yang butuh biaya listrik
3. Cara menghitung tarif listrik dalam satu hari
4. Cara menghitung biaya listrik praktis
5. Rumus daya listrik atau rumus watt sebagai cara menghitung biaya listrik

1. Ketahui dulu golongan tarif listrikmu

Baiklah, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui golongan tarif listrik di rumahmu. Nah golongan tarif itu disesuaikan dari batas daya listrik juga lho.

Udah tahu kan kalau ada beberapa golongan harga listrik rumah? Ada yang 900 VA, 1.300 VA, 2.200 VA, 3.300 VA, 4.400 VA, 5.500 VA, dan 6.600 VA ke atas. Memang sih ada rencana penyederhanaan tarif listrik, tapi sampai sekarang belum ada keputusannya dari pemerintah RI.

Tarif listrik pun dibedakan untuk beberapa golongan. Yang golongan 900 VA dikenakan Rp 1.352 per kWH. Sementara untuk yang 1.300 VA-5.600 VA ke atas tarifnya Rp 1.467,28 per kWH.

Anggap saja kamu menggunakan listrik di golongan 3.300 VA. Jadi, harga listrik yang bakal berlaku untukmu adalah 1.467,26 per kWH.

2. Cek perabotan rumah yang butuh biaya listrik

Setelah tahu golongan listriknya, yuk ketahui perabotan mana saja yang memang menyedot listrik. Gak cuma kulkas ya, lampu-lampu juga didata dan diketahui berapa konsumsi listriknya. 

Contohnya aja:
7 lampu dengan daya 30 watt
1 unit AC 1 PK dengan daya 750 watt

1 unit LED TV 43 inci dengan daya 50 watt
1 set sound system dengan daya 10 watt

1 setrika listrik dengan daya 350 watt
1 unit kulkas dengan daya 300 watt
1 unit mesin cuci dengan daya 350 watt

Bila semua sudah dicatat, mari ilustrasikan berapa lama perangkat itu bakal diaktifkan. Tentu saja gak mungkin kan AC dan lampu nyala selama berhari-hari. Lain halnya dengan kulkas yang memang harus On.

Estimasi konsumsi harga atau tarif listrik

7 lampu nyala dalam dari pukul 18.00 hingga 06.00 alias 12 jam. Dengan asumsi, jam 06.00 kamu sudah berangkat ngantor so, lampu-lampu rumah pasti dimatikan. Maka total daya dari lampu dalam satu hari adalah 7 x 30 watt x 12 jam = 2.520 watt
1 unit AC yang dipasang ketika kamu nyalakan ketika kamu mau tidur. Sebut saja pukul 21.00 hingga 05.00 alias delapan jam. Maka total daya dari penggunaan AC dalam sehari adalah 750 x 8 = 6 ribu watt
LED TV yang cuma menyala lima jam sehari saja mengingat kamu sibuk bekerja. Konsumsi dayanya dalam sehari adalah 50 x 5 jam = 250 watt
Sound system yang jarang banget dipakai, paling hanya dua jam sehari karena dalam sehari kamu cuma bisa nonton film dengan durasi pendek. Sound system itu bakal menyedot daya 10 x 2 = 20 watt
Setrika listrik yang dipakai selama dua jam, maka konsumsi dayanya 350 x 2 = 700 watt
Kulkas yang tentunya menyala selama 24 jam. Pasti konsumsi dayanya jadi 300 x 24 = 7.200 watt.
Terakhir, mesin cuci yang dipakai selama dua jam sehari. Maka dayanya 350 x 2 = 700 watt.

3. Cara menghitung tarif listrik dalam satu hari

Langkah selanjutnya adalah menjumlahkan total konsumsi daya listrik dalam masing-masing perabotan. Begini contohnya.

2.520 watt + 6.000 watt + 250 watt + 20 watt + 700 watt + 7.200 watt + 700 watt = 17.390 watt dalam sehari.

Ingat lho, menghitung biaya listrik itu menggunakan satuan Kwh alias Kilowatt per hour atau jam. Untuk mendapatkan satuan Kwh, maka 17.390 watt : 1000 = 17,39 kWh.


Setelah kamu mendapatkan angka konsumsi listrik rumahmu dalam satuan Kwh, maka tinggal kamu kalikan saja dengan tarif dasar listrik per golongan. Jika per Kwh adalah Rp 1.467,26 maka biaya listrikmu dalam sehari adalah: 17,39 Kwh x Rp 1.467,26 = Rp 25.515,65

Jika dalam sehari biaya listrikmu sebesar itu, tagihan listrikmu dalam sebulan kurang lebih: Rp 25.515,65 x 30 hari = Rp 765.469,5.

Tapi itu semua dengan catatan, perabotan benar-benar aktif dalam waktu yang tertera ya. Jika AC-nya nyala sampai 10 jam, atau setrikaannya nyala dalam tiga jam saja, tentu sudah berubah angkanya.

Oleh karena itu, hati-hati ya sama penggunaan perabotan rumah. Kalau sampai kita teledor, tentu tagihan listrik bisa bengkak lho.

4. Cara menghitung biaya listrik praktis

Nah, untuk memudahkan kamu dalam menghitung biaya listrik, gunakan kalkulator tarif listrik berikut ini.

Kalkulator Tarif Listrik ( http://kalkulator.ebtke.esdm.go.id/ )
Hitung estimasi biaya listrikmu berdasarkan skema terbaru tarif dasar listrik resmi dari Kementerian ESDM

Estimasi Pemakaian Listrik Sehari (dalam Watt)*

Untuk estimasi pemakaian listrik, catat semua perabotan rumah yang menggunakan listrik, daya watt masing-masing perabotan, dan berapa jam perabotan tersebut dinyalakan. Misal: 7 lampu dengan daya 30 watt dinyalakan 12 jam/hari = 2,5 ribu Watt / hari

Pilih Golongan Tarif Listrikmu

Masukkkan Batas Daya Listrik di Rumahmu

Pilih Periode Biaya
Per Bulan
Per Tahun

Biaya Listrik per Bulan

70% Kebakaran Rumah disebabkan Konsleting. Jangan Biarkan Pengeluaran Bengkak Karena Kesalahan Penggunaan Listrik!

5. Rumus daya listrik atau rumus watt sebagai cara menghitung biaya listrik

Selain rumus menghitung biaya listrik, kamu juga perlu mengetahui rumus daya listrik atau rumus watt. Adanya rumus daya listrik atau rumus watt bisa membantu kamu dalam memperkirakan seberapa banyak konsumsi daya barang-barang elektronik yang dimiliki atau hendak dibeli.

Nah, dengan mengetahui konsumsi daya tersebut, kamu menjadi lebih bijak dalam menggunakan barang-barang elektronik.

Berikut ini rumus watt atau rumus daya listrik: P = V x I
P = daya listrik (watt)
V= tegangan listrik (volt)
I = arus listrik (ampere)

Gimana guys, mudah kan cara menghitung tarif listrik? Selain bisa bermanfaat buat menghemat tagihan, tentu saja kamu bisa menggunakan cara ini sebelum memutuskan beli perabotan rumah yang baru.

Daripada ngira-ngira, mending dihitung langsung kan. Dengan begitu, gak bakal kaget lagi deh kalau lihat angka tagihan listrik tiap bulan. Bujet bulanan pun pasti bakal lebih aman.

Rumus cara menghitung Kwh Tagihan Listrik tersebut hanya berlaku dengan catatan bahwa perabotan rumah tersebut benar-benar aktif dalam waktu dan tegangan daya yang sama seperti yang telah kita tentukan tadi.

Demikianlah pembahasan E4B kali ini.
Semoga sahabat E4B dapat memahaminya dengan baik.

Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis yaa, komentar kamu...

Makna warna helm safety proyek yang perlu kamu tahu

Ibu Krisdayanti ke Project Arti warna helm safety yang digunakan oleh para pekerja di suatu pekerjaan proyek.. Indonesia sebagai negara ber...

KDAM 728x90