BAHAYA SENGATAN ARUS LISTRIK (KESETRUM..!!)

EFEK SENGATAN LISTRIK

Akibat fatal dari sengatan listrik adalah kematian atau biasa disebut electrocution. Namun efek tidak fatal dari senggatan listrik (electric shock) juga cukup bervariasi.
Beberapa indikasi sengatan listrik

1. Efek pada jantung (Cardiac)
Arus AC 30-200mA dapat menyebabkan VF. Sementara arus diatas 5A dapat menyebabkan asystole. Efek lainnya adalah rusaknya pembuluh jantung (myocardial).

2. Efek pada otot tulang
Arus listrik lebih dari 15 -20 mA memunculkan gejala kontraksi yang hebat (tetanic contraction) yang menyebabkan tubuh sulit melepaskan diri darri sumber listrik mengakibatkan sindrome pelepasan lengan dan tulang belakang jika sengatan listrik mengenai lengan.

3. cedera otot
Thrombosis dan occlusion yang menghasilkan ischaemia dan necrosis. Yang terjadi pada lengan mengakibatkan kerusakan otot dan memerlukan amputasi.

4. Cedera susunan syaraf (Neurological injuries)
Dapat terjadi kerusakan terpusat atau sebagian dan seketika maupun jangka panjang. Jika sengatan listrik melewati kedua bahu, maka kerusakaan sumsum tulang belakang dapat teerjadi. Sementara sengatan listrik pada bagian kepala menyebabkan gangguan pada sistem pernafasan, dan pengaruh jangka panjangnya seperti epilepsy, encephalopathy, dan Parkinsonism. Efek lain dari sengatan listrik juga mengakibatkan gagal ginjal, pecahnya gendang telinga (tegangan tinggi), katarak.


STATISTIK SENGATAN LISTRIK

Dari hasil penelitian tahun 2001 di amerika yang notabene memiliki standard keselamatan yang lebih tinggi dibandingkan kebanyakan negara berkembang ternyata memiliki cukup banyak kasus kematian yang disebabkan oleh sengatan listrik.

Dari kasus yang ada tersebut ternyata modus tertinggi disebabkan oleh penggunaan alat-alat rumah tangga yang sangat umum seperti AC, fan, bor listrik, kulkas, dst.

Dari data yang diambil dari National Center for Health Statistics, Consumer Product Safety Commission / EHHA diperoleh fakta sebagai berikut :

Tabel populasi kematian karena arus listrik
Tahun
Total Kasus Kematian
Kasus kematian karena Produk
Tingkat kematian per satu juta penduduk

Angka
Persentase

1995
560
230
41
0.9
1994
560
230
41
0.9
1993
550
210
38
0.8
1992
530
200
38
0.8
1991
630
250
40
1
1990
670
270
40
1.1

Dalam penelitian yang dilakukan oleh National Center for Health Statistics, Consumer Product Safety Commission/EHHA ternyata installasi kabel menduduki urutan pertama, yaitu 23% total kasus kematian, sementara penggunaan peralatan rumah tangga menyumbang 17% kasus kematian. Berikut tabel lengkap hasil survey EHHA :

Tabel Produk penyebab kematian karena arus listrik
 Tipe Produk
Estimate
Percent
 
Total jumlah kematian
230
100%
Instalasi Kabel
53
23%
Peralatan rumah tangga
40
17%
Kipas angin
10

Microwave
10

Stop kontak
9

Lainnya
5

Peralatan kesehatan
4

Radio, televisi, dan tape
3

 Perlengkapan Besar
33
14%
AC
16

Pompa/generator
8

Pemanas Listrik/Water heater
6

Kulkas/freezer
3

Antenna
24
10%
Lampu
20
9%
Tangga
15
7%
Perkakas Listrik
13
6%
Gergaji Listrik
5

Bor Listrik
3

Lainnya
5

Alat Berkebun
14
6%

Dari tabel diatas, didapati bahwa angka perkapita kasus kematian karena sengatan listrik semakin berkurang, hal ini dapat dimengerti karena kemajuan teknologi yang semakin aman dan pemahaman masyarakat yang tentu saja semakin tinggi.

Selain itu ternyata kasus kecelakaan karena listrik dapat terjadi dimana saja, bahkan sebagian besar berada di rumah/menggunakan perabot rumah tangga. Peralatan-peralatan yang tampak sangat sederhana dan sangat familiar, ternyata juga memiliki andil dalam membunuh manusia melalui arus listrik, seperti kipas angin, AC, kulkas, dan seterusnya.

Dengan demikian pemasangan pengaman tambahan pada instalasi rumah, kantor, dan seterusnya adalah mutlak untuk dapat meredam angka kematian.

Angka-angka yang tercatat di atas adalah angka kematian, sementara jumlah kecelakaan yang tidak berakibat kematian mungkin jauh lebih besar..

Jadi janganlah bermain-main dengan arus listrik, gunakan peralatan listrik, komponen listrik, kabel dan lainnya yang standard. Dan sesuai dengan penggunaannya, karena KESELAMATAN adalah hal UTAMA dan tidak bisa ditawar-tamar.

Semoga manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis yaa, komentar kamu...

Makna warna helm safety proyek yang perlu kamu tahu

Ibu Krisdayanti ke Project Arti warna helm safety yang digunakan oleh para pekerja di suatu pekerjaan proyek.. Indonesia sebagai negara ber...

KDAM 728x90