Sejatinya manusia adalah mahluk sosial yang mana kita diciptakan untuk saling membutuhkan satu sama lain dan saling berinteraksi satu dengan yang lain.
Kita kerap sekali tinggal di dalam suatu komunitas yang apabila di rumah dinamakan keluarga dan di kantor atau di sekolah kita namakan organisasi.
Di dalam suatu organisasi diperlukan sekali adanya kerja sama tim (team building) yakni proses yang perlu dilakukan oleh anggota tim untuk saling membantu agar tujuan dari adanya sebuah organisasi tersebut dapat terwujud. Mari selanjutnya organisasi ini kita sebut Building Management.
Hal paling penting dalam team building adalah harus terbentuknya interaksi dan komunikasi anggota tim agar tidak terdapat miscommunication yang dapat menghambat terwujudnya tujuan team Building Management tersebut.
Manfaat team building dalam pengelolaan Gedung
E4B telah merangkum tujuh manfaat adanya kegiatan team building yang dilakukan dalam pengelolaan Gedung (Building Management) sebagai berikut.
1. Membuat anggota tim saling mengenal satu sama lain
Apabila kita masuk dalam suatu lingkungan kantor biasanya kita akan menemukan orang-orang baru yang tentunya berbeda dengan teman di sekolah atau kampus.
Apabila semasa sekolah kita bisa memilih ingin berteman dengan siapa saja namun berbeda dengan dunia kerja. Dunia kerja menuntut kita kompak dengan anggota tim walau tidak sehobi atau sepergaulan.
Perbedaan itu kadang membuat kita sulit “nyambung” dengan kolega kita. Dengan adanya kerja sama tim memberi kita kesempatan melihat sisi lain setiap teman kita yang biasanya tidak muncul di kantor.
Siapa yang tahu Chief Engineering yang dingin itu ternyata adalah seorang drummer?(hehehe promosi)
Bukankah semakin banyak kita mengenal seseorang, semakin kita bisa merasa lebih aman untuk bersikap terbuka. Tak hanya berdampak pada hubungan pribadi, keterbukaan ini pada akhirnya dapat menumbuhkan rasa percaya yang lebih kuat dalam tim.
2. Menjalin komunikasi
Dalam suatu pengelolaan Gedung atau Building Management tentunya ada ada atasan dan ada karyawan atau staff Team building akan membantu membangun komunikasi antara atasan dan anggota tim dengan baik untuk mempermudah tercapainya suatu visi dari sebuah pengelolaan dalam Gedung.
3. Membentuk kerjasama team
Dengan adanya kerja sama dalam team, setiap anggota tim mengerti posisi dan tugasnya sehingga lebih bertanggungjawab terhadap pekerjaan masing-masing.
Setiap tanggungjawab tersebut harus saling bersinergi agar terwujudnya tujuan Building Management. Kerjasama yang baik sangat diperlukan agar tercapainya tujuan yang sudah dirancangkan sejak awal.
4. Menumbuhkan motivasi dalam mencapai tujuan
Motivasi tentu sangat diperlukan dalam setiap tindakan dan pekerjaan yang kita lakukan. Tanpa adanya motivasi tentu kita tidak akan mencapi hasil yang maksimal dalam suatu pekerjaan yang kita lakukan.
Begitu juga dalam iklim dan suasana kantor, motivasi sangat perlu dalam mengerjakan tugas dengan hasil yang memuaskan tepat pada waktunya. Team Building sangat membantu kita membangun motivasi dalam diri kita.
5. Meningkatkan produktivitas dan kreativitas team
Suasana dan lingkungan kerja yang nyaman membuat kita lebih santai dan lebih menikmati pekerjaan yang kita lakukan.
Apabila kita melakukan suatu pekerjaan atas dasar senang dan nyaman tentu hasilnya akan lebih maksimal. Begitu juga dengan kerja sama tim, team building secara tidak langsung membuat semua anggota tim lebih kreatif dan lebih produktif dalam melakukan sebuah tugas.
6. Menyatukan perbedaan pendapat
Setiap manusia tentunya memiliki ragam dan pemikiran di dalam diri mereka. Hal ini tentunya berdampak pada pemecahan masalah di dalam lingkungan kerja.
Banyaknya orang yang tergabung dalam suatu team dapat menyebabkan adanya perbedaan pendapat dalam melakukan pekerjaan untuk mewujudkan tujuan Building Management.
Adanya team building inilah yang mampu menyatukan perbedaan pendapat menjadi sebuah masukan untuk memperbaiki kerja suatu team dalam meuwujudkan tujuan Building Management.
7. Menumbuhkan sikap saling percaya
Di dalam suatu tim kita memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing dan tentunya itu sangat memerlukan kerja sama.
Kerja sama yang baik akan tercipta apabila setiap anggota tim menumbuhkan sikap saling percaya. Adanya team building membuat kita dapat membangun kepercayaan satu sama lain.
Tentunya, masih banyak cara dalam membuat suatu kerja sama yang sukses. Semua ini dapat disesuaikan dengan keadaan perusahaan kamu.
Bila kamu seorang leader, pastikan kamu sebagai pemimpin dapat membangun hubungan yang baik dengan bawahan dan jika kamu seorang anggota tim, berusahalah untuk mengerjakan tanggung jawab kamu dengan maksimal sebagai anggota tim yang baik.
Kami siap melayani dengan PROFESIONAL, INTEGRITAS, TERBUKA dan TANGGUNG JAWAB, serta selalu berusaha melayani lebih baik lagi...
Semoga Bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tulis yaa, komentar kamu...