Proteksi DGPT pada Trafo Daya

Cek kebocoran Oli Trafo

Trafo Daya merupakan peralatan listrik yang sangat vital dalam sistem distribusi daya listrik, maka dari itu di dalam suatu sistem distribusi daya listrik, trafo sangat perlu dilakukannya preventive maintenance guna menjaga untuk tetap handal.

Kali ini kami ingin sedikit mengulas mengenai gangguan yang terjadi pada Trafo, dan salah satu gangguan yang sering terjadi di dalam Trafo ialah Timbulnya Gas di dalam Tangki Trafo (Gasing).

Timbulnya Gas di dalam tangki trafo disebabkan oleh beberapa hal diantaranya :

Pada saat proses Puryfing Oli Trafo terdapat kebocoran pada selang/ pipa di mesin purifikasi, sehingga terdapat udaya yang terjebak di dalam tangkin trafo, dan udara yang terjebak bisa terdapat di Oil Gap pada Core dan Coil Trafo / terdapat di dalam Sirip Radiator.

Terjadinya Perubahan suhu yang sangat drastis di Oli Trafo, sehingga menyebabkan penyusutan Oli Trafo (Kondenser) dan pada saat kondisi ini biasanya pelampung / indikator level oli pada proteksi DGPT-2 mengalami pengurangan volume (Turun). Kondisi seperti ii biasanya di alami pada trafo yang telah lama padam (Lama Tidak Digunakan).

Terjadi Short di dalam belitan (Coil Trafo) pada saat Trafo ON dan Berbeban/ bahasa kerennya Short Inter Turn, yang mengakibatkan terjadinya flash over/ loncatan bunga api sehingga timbul Gas di dalam tangki trafo. Dalam kondisi seperti ini proteksi DGPT-2 akan bekerja dan memerintahkan Shunt Trip Coil di panel TM untuk Off, dengan indikasi Over Presure dan Level Oli turun karena terdapat Gas yang naik bagian atas trafo.

Dalam Kondisi seperti ini sebaiknya hubungi pihak yang berpengalaman di bidangnya atau apabila pembaca mengalami kejadian seperti ini segera hubungi ke No telefon yang sudah tertera di bawah. Karena sudah dipastikan pada saat kondisi seperti ini. Trafo Anda sudah dalam kondisi Rusak dan di pastikan Tidak dapat digunakan.

Kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara mengeluarkan Gas yang terjebak di dalam tangki trafo apabila trafo Anda mengalami masalah seperti di atas.

Type DGPT-2 di pasaran ada 3 macam diantaranya, Automation 2000, RIS dan DMCR. Dari ke tiga jenis ini secara fungsi sama, cuman beda bentuk fisik.

Cara Fentting Gas melalui proteksi DGPT-2 (DMCR) :

Gunakan APD dan siapkan kunci pas 13 mm dan lap bersih.
Buka tutup Fenting Valve (Tanda panah merah NO. 1)
Letakkan lap bersih di bawah lubang Fentting Valve.
Putar perlahan leher Fentting Valve berlawanan arah jarum jam (Tanda panah hijau NO.2)
Keluarkan semua Gas yang terjebak sambil tepuk-tepuk sirip radiator guna menggerakkan semua Gas yang terjebak supaya mengarah ke bagian atas/ fentting valve.
Pastikan semua Gas yang terjebak dan level oli/ indikator pelampung kembali naik.
Putar kembali leher Fentting Valve searah jarum jam (Tanda panah hijau NO.2).
Tutup kembali lubang Fentting Valve (Tanda panah merah NO. 1).



PEKERJAAN PADA PERALATAN ELECTRICAL  ENGINEERING GEDUNG 

Trafo, Panel TM, LVMDP, SDP & Capacitor Bank
Maintenance
Troubleshooting
Rekondisi Spare Part
Purifikasi & Reklamasi Oli Trafo
Oil Analisis & Thermography
Spare Part & Oli Trafo

1. Spare Part Trafo :
DGPT-2
Bucholz Relay
Winding & Oil Temperature Indicator
Presure Relieve Device
HV & LV Terminal Bushing
Packing Terminal Bushing & Cover
 
2. Spare Part Panel TM & LVMDP
Fuse arc
Sepam Relay
CT & VT
ACB, MCCB, MCB
Magnetic Contactor
Capacitor

3. Oli Trafo :
SHELL DIALA S2 & S4
NYNAS
APPAR
MICHANG

Kami siap melayani dengan PROFESIONAL, INTEGRITAS, TERBUKA dan TANGGUNG JAWAB, serta selalu berusaha melayani lebih baik lagi...

Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis yaa, komentar kamu...

Makna warna helm safety proyek yang perlu kamu tahu

Ibu Krisdayanti ke Project Arti warna helm safety yang digunakan oleh para pekerja di suatu pekerjaan proyek.. Indonesia sebagai negara ber...

KDAM 728x90